Home
news
Workshop Pengembangan Bahan Ajar

Workshop Pengembangan Bahan Ajar


Diterbitkan Sabtu, 09 April 2016 - 10:46:29 WIB

Workshop Pengembangan Bahan Ajar

 

Di dalam PP Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 20 dinyatakan bahwa pendidik diharapkan mengembangkan materi pembelajaran. Pengaturan ini dipertegas malalui Permendiknas Nomor 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses yang berbunyi perencanaan proses pembelajaran mensyaratkan pendidik untuk mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Salah satu komponen RPP adalah materi ajar. Dengan demikian, pendidik harus mengembangkan materi ajar atau bahan ajar sebagai salah satu sumber belajar.

 

Bahan ajar atau materi ajar merupakan seperangkat materi pembelajaran yang disusun secara sistematis dan menampilkan sosok utuh dari kompetensi yang akan dikuasai mahasiswa dalam kegiatan pembelajaran. Bahan ajar berfungsi sebagai pedoman bagi pendidik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan kepada mahasiswa; pedoman bagi mahasiswa yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya; dan alat evaluasi pencapaian/penguasaan hasil pembelajaran

Atas dasar pemikiran tersebut diatas maka dipandang perlu dan penting untuk dilaksanakan kegiatan yang dirancang dan diperuntukkan bagi para dosen di IAIN Jember agar menjadi  dosen  profesional dan berkualitas, dengan cara  memberikan  pengetahuan  dan  ketrampilan mendasar yang mutlak harus dimiliki oleh seorang dosen, sehingga dapat secara efektif dan efisien membagikan ilmu kepada para mahasiswa.

Materi dalam kegiatan tersebut meliputi: Strategi peningkatan kualitas pendidikan, pengembangan pembuatan bahan ajar, seperti diktat, buku, modul, lembar kegiatan, brosur, leaflet, wallchart, dan foto/gambar, dengan memakai pendekatan prosedural dan pendekatan hierarkis dalam penentuan cakupan dan urutan bahan ajar, demikian sebagaiaman yang telah disampaikan oleh Dr. Nurul Umamah, M.Pd. selaku pemateri dalam kegiatan ini.

Kegiatan Workshop Pengembangan Bahan Ajar ini diikuti oleh seluruh dosen baru (CPNS tahun 2015) dan dosen lama IAIN Jember yang belum pernah mengikuti workshop seperti ini sejumlah 70 orang. Acara ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Jember H. Nur Solikin, S.Ag., M.H.

 

 


Share Berita


Komentari Berita

Komentar ditutup.