Home
news
INDONESIA DAPAT MENJADI REFERENSI KAJIAN STUDI ISLAM DUNIA

INDONESIA DAPAT MENJADI REFERENSI KAJIAN STUDI ISLAM DUNIA


Diterbitkan Selasa, 12 Januari 2016 - 14:45:36 WIB

HUMAS- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember harus ikut berpacu dalam upaya untuk membuktikan bahwa Indonesia dapat menjadi referensi kajian studi Islam dunia dan bahkan menjadi pusat peradaban Islam dunia. Demikian disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A., Ph.D pada kesempatan Workshop Kebijakan Kementerian Agama dalam Peningkatan Mutu PTKIN menuju World Class University. di ruang theater IAIN Jember. Selasa (12/01).

Optimisme ini didasarkan oleh alumni doctoral dengan predikat Summa Cumlaude dalam bidang studi Islam di Rheinischen Friedrich Wilhelms Universitaet Bonn, Jerman pada beberapa alasan sehingga menyebabkan Indonesia memiliki peluang untuk menjadi pusat peradaban dunia.

Masing-masing alasan itu diantaranya modal sosial yang dimiliki Indonesia yaitu Islam Indonesia yang damai, moderat, inklusif, dan menghargai perbedaan. Kemudian keberadaan Indonesia sebagai negara Muslim terbesar dan negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. Dalam hal ini Para ilmuwan Barat banyak yang berpendapat bahwa Islam dan demokrasi tidak dapat bertemu. Namun berbeda dengan Indonesia yang telah mampu membuktikan bahwa Islam dan demokrasi dapat cocok dan bertemu. Tidak seperti negara Timur tengah atau negara Islam lainnya. Tegas Komaruddin.

Potensi lain yang menjadi alasan sehingga bisa optimis bahwa Indonesia dapat menjadi referensi kajian studi Islam dunia dan bahkan menjadi pusat peradaban Islam dunia adalah adanya jumlah perguruan tinggi Islam Indonesia yang terbanyak di dunia. Menurut Kamaruddin, tidak ada negara lain yang memiliki jumlah perguruan tinggi Islam sebanyak Indonesia.  Selain itu, jumlah doktor dan guru besar studi Islam yang dimiliki Indonesia juga dinilai memiliki jumlah yang cukup signifikan.

Karena itulah pria kelahiran Bontang ini menilai Indonesia punya semua alasan untuk menjadi pusat peradaban Islam dunia. Mulai dari modal sosial, kelembagaan, dan bahkan juga modal ekonomi," katanya.

Sebagai langkah yang ditempuh untuk mewujudkan itu semua Kementerian Agama memacu pada semua lembaga pendidikan tinggi Islam termasuk kampus IAIN Jember untuk menjadikan sebagai Universitas Islam kelas dunia.

Rektor IAIN Jember, Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM mengapresiasi harapan-harapan yang telah disampaikan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kemenag dihadapan semua Dosen dan Tenaga Kependidikan IAIN Jember ini, baginya harapan itu bisa menjadi spirit tersendiri bagi kampus IAIN Jember untuk terus berkembang menjadi lebih besar dan lebih berkualitas. (Minan Jauhari)

Share Berita


Komentari Berita

Komentar ditutup.