header-int

Pelatihan Pengelolaan Jurnal dan Pemanfaatan Open Journal System (OJS) dalam Rangka Akreditasi Jurna

Senin, 03 Feb 2020, 15:31:17 WIB - 19 View
Share
Pelatihan Pengelolaan Jurnal dan Pemanfaatan Open Journal System (OJS) dalam Rangka Akreditasi Jurna

Tujuan utama kegiatan akreditasi jurnal ini adalah untuk meningkatkan kualitas pengelolaan jurnal-jurnal di lingkungan IAIN Jember.

Kegiatan ini dilaksanakan menjadi dua pelaksanaan, pertama kegiatan dilaksanakan untuk membekali para pengelola jurnal institut, jurnal fakultas dan lembaga tentang pengelolaan jurnal yang baik sehingga menjadi jurnal terakreditasi, kedua kegiatan dilaksakan untuk membekali para reviewer jurnal di IAIN Jember serta para pengelola jurnal tentang tata cara review jurnal yang bermutu dan layak dimuat.

  1. Kegiatan yang pertama bertemakan “Pengelolaan Jurnal dan Pemanfaatan Open Journal System”. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 27-28 September 2019 di Ruang Madya IAIN Jember.
  2. Narasumber pada kegiatan ini ada 2 yaitu Dr. Muh. Irfan Helmy, Lc., M.A. selaku Pengelola Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies dan Jamiludin Usman, M.Pd.I selaku praktisi pengelola jurnal terakreditasi dari IAIN Madura
  3. Kegiatan yang kedua bertemakan “Penguatan Kapasitas Reviewer dalam Pengelolaan Naskah Berbasis OJS”. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 10 Desember 2019 di Ruang Diskusi Periodik LPM IAIN Jember.
  4. Narasumber kegiatan yang kedua ini adalah oleh Khoirun Niam, M.A., Ph.D (UIN Sunan Ampel Surabaya) selaku reviewer jurnal nasional.
  5. Materi kegiatannya meliputi Penguatan Kapasitas Reviewer dan Penguatan Kapasitas Editor.
  6. Adapun peserta kegiatan ini berasal dari para pengelola jurnal-jurnal di lingkungan IAIN Jember untuk menjadi peserta kelas editor dan para dosen yang direkomendasikan masing-masing jurnal untuk menjadi peserta kelas reviewer.
  7. Untuk kelas editor, masing-masing jurnal mengutus dua peserta, yakni ketua penyunting dan penyunting pelaksana/admin. Dengan demikian jumlah peserta sebanyak 42 orang dari total 21 jurnal. Sementara itu, untuk kelas reviewer, masing-masing jurnal merekomendasikan satu orang dosen sebagai peserta. Jadi, total peserta 63 oran
  8. Setidaknya, terdapat tiga metode pembelajaran yang akan dilangsungkan guna mencapai tujuan kegiatan pelatihan tersebut, yakni Ceramah, diskusi, dan latihan.

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube